Pojok Guru

Aksi Nyata Menyebarkan Pemahaman: “Mengapa Kurikulum Perlu Berubah”

Kurikulum secara etimologi berasal dari bahasa latin “curir” yang artinya pelari, daran “curere” yang artinya tempat berlari. Pengertian kurikulum
sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal ayat (19) merupakan seperangkat rencana dan pengaturan mengenai
tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan dalam pedoman kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan.

Komponen dalam Kurikulum menurut Ralph Tyler, dalam bukunya The Basic Principle of Curriculum

  1. Tujuan
  2. Konten
  3. Metode/Cara
  4. Evaluasi

Umumnya, beberapa negara mengklasifikasikan komponen menjadi 3 bagian, Tujuan/konten, Panduan Pedagogi, dan Panduan Asesmen.

Apa maksud dari perubahan kurikulum?

Dapat disesuaikan dengan kebutuhan siswa dan perkembangan saat ini. Kurikulum yang baik adalah kurikulum yang relevan dengan perkembangan zaman dan terus dikembangkan atau disesuaikan dengan konteks dan karakteristik peserta didik guna mengembangkan keterampilan sesuai kebutuhan saat ini dan masa depan.

Mengapa programnya harus diubah?

Ya, programnya harus berubah. Untuk apa ? tentunya untuk menjawab tantangan zaman. Program tersebut tidak dapat digunakan terus menerus dalam satu waktu karena dunia terus berubah. Dunia pendidikan, yang merupakan pilar utama dalam membangun dan mendidik generasi, juga harus berubah.

Kurikulum harus selalu berkembang untuk mengakomodasi perkembangan saat ini namun juga harus memperhatikan kebutuhan belajar peserta didik. Misalnya dulu waktu saya masih sekolah, komputer hanya diajarkan di bangku SMA saja, itupun hanya sekedar menyalakan, mengetik. Lihatlah anak-anak zaman sekarang, mereka dilahirkan dengan teknologi di tangan mereka. Bayi sudah sangat pandai bermain dengan layar gadget. Oleh karena itu, kurikulum sekolah juga harus diubah, agar kita dapat mempersiapkan generasi mendatang yang memiliki visi dan kemampuan menatap masa depan.

Lantas, apakah kurikulum sekolah bisa berubah? Program penyelenggaraan satuan pendidikan harus bersifat dinamis, yaitu dapat dimodifikasi sesuai dengan perubahan dan perkembangan budaya dan zaman, serta harus mengikuti jadwal yang sesuai dengan lingkungan dan geografi.

Program ini bersifat dinamis dan terus dikembangkan atau disesuaikan sesuai dengan konteks siswa dan perlu mengembangkan keterampilan yang relevan untuk saat ini dan masa depan.

Bagaimana cara mencapainya?

Semua sektor masyarakat, khususnya peran orang tua, masyarakat dan sekolah harus mengutamakan kebutuhan, pendapat, pengalaman, hasil belajar dan kepentingan siswa dalam pengembangan kurikulum karena dirancang untuk memenuhi kebutuhan siswa.

Setelah mengamati presentasi tersebut mohon berkenan memberikan umpan balik terkait pemahaman “Mengapa Kurikulum Perlu Berubah” Melalui link : https://bit.ly/umpanbalik_aksinyatakurmer

One thought on “Aksi Nyata Menyebarkan Pemahaman: “Mengapa Kurikulum Perlu Berubah”

  • Cucu Lesmana

    Terimakasih sudah menyebarkan ilmunya, sangat bermanfaat sekali buat kita yang mau berubah untuk lebih baik

    Balas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *