Workshop Implementasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Tahun 2023
SMPN 1 Cibalong menyelenggarakan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka pada tanggal 24 – 26 Juli 2023 dengan narasumber dari Pengawas Sekolah dan Fasilitator Pendamping Sekolah Penggerak.
Pada masa pandemi Covid-19, krisis pembelajaran yang ada menjadikan pendidikan semakin tertinggal dengan hilangnya pembelajaran (learning loss) dan meningkatnya kesenjangan pembelajaran antar wilayah dan antar kelompok sosial-ekonomi. Untuk memulihkan pembelajaran paska pandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan Merdeka Belajar Episode Kelima belas: Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar sebagai perwujudan dari Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Kurikulum merdeka merupakan salah satu pilihan dalam upaya pemulihan pembelajaran bagi satuan pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka diperuntukkan kepada Satuan Pendidikan yang mendaftar untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka
Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi no 56 Tahun 2022 tentang Penerapan Kurikulum Merdeka, bahwa dalam rangka pemulihan ketertinggalan pembelajaran (learning Loss) yang terjadi dalam kondisi khusus, sekolah perlu mengembangkan kurikulum dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan kondisi satuan pendidikan, potensi daerah peserta didik.
Pelatihan penerapan kurikulum merdeka tahun 2023 mencakup tentang penyusunan KOSP, pembelajaran dan asesmen, perencanaan berbasis data, dan digitalisasi sekolah. Pelatihan mencakup:
- Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan
- Pembelajaran dan asesmen yang berprinsip pada pembelajaran berdiferensiasi (differentiated learning) atau Teaching at The Right Level (TaRL).
- Perencanaan projek penguatan profil pelajar pancasila agar guru/pendidik PAUD mampu mengelola projek penguatan profil pelajar pancasila untuk mencapai karakter murid dengan profil pelajar pancasila.
- Perencanaan berbasis data agar kepala sekolah dan guru dapat membuat perencanaan sesuai dengan prinsip, tujuan dan metode dari perencanaan berbasis data
- Pemanfaatan platform teknologi prioritas untuk mendukung proses pembelajaran.